Ingin Jadi Programmer Profesional, Hindari Mental-Mental Berikut Ini

Beranda Berita Ingin Jadi Programmer Profesional, Hindari Mental-Mental Berikut Ini

Ingin Jadi Programmer Profesional, Hindari Mental-Mental Berikut Ini

Salah satu profesi yang mengandalkan hardskill yang saat ini cukup potensial adalah profesi sebagai programmer. Selain karena sering kali profesi programmer ini biasanya memiliki gaji yang relatif tinggi. Sehingga jika kita punya skill yang cukup baik dalam profesi ini, hampir mustahil untuk menganggur atau tidak memiliki pekerjaan.

#1 Malas mencari tahu

#1 Malas mencari tahu

Materi belajar pemrograman saat ini sebenarnya sudah cukup banyak tersedia di internet. Nah masalahnya adalah banyak programmer pemula atau calon programmer punya kecenderungan malas mencari tahu. Padahal hanya jika mereka mau mencari tahu, maka semuanya akan menjadi lebih mudah. Oleh karena itu, mental ini harus benar-benar dihindari jika ingin menjadi seorang programmer. Jika hanya mengandalkan untuk disuapi dan tidak belajar jika tidak ada yang memberi tahu, percayalah keinginan untuk menjadi programmer profesional akan sulit terwujud.

#2 Pengen jalan pintas

#2 Pengen jalan pintas

Kalau kita melihat orang hebat atau orang sukses dalam bidangnya, jangan hanya lihat bagaimana ketika dia telah sukses saja. Kalau kita melihat Sofian Hadiwijaya, Peter Jack Kambey, Luri Darmawan, Rahmat Awaludin atau Bernaridho Hutabarat sebagai programmer hebat, percayalah itu tidak terjadi begitu saja. Jadi kalau kamu ingin juga seperti mereka tidak ada jalan lain selain menjalani prosesnya. Tidak ada jalan pintas!

#3 Mental gratisan

#3 Mental gratisan

Masalah yang sering terjadi di kalangan developer pemula yang kronis di Indonesia yang membuat sulit untuk berkembang adalah mental gratisan. Banyak yang ingin jago dan menjadi master namun tidak ingin mengeluarkan biaya investasi untuk menujunya. Ketika ada yang jual ebook berbayar, atau ketika ada yang bikin video tutorial berbayar atau workshop berbayar akan ada yang berkomentar “Wah kok berbayar, dasar pelit! Ilmu aja dijual!”, percayalah orang seperti itu akan kesulitan untuk maju.

#4 Malas ngoprek

#4 Malas ngoprek

Programming adalah sebuah hardskill, sebuah bidang ilmu seperti bela diri yang jika semakin sering dilatih maka akan semakin jago. Programming bukanlah bidang ilmu hafalan, jika sudah hafal maka selesai sudah. Orang-orang yang menjadi expert saat ini, mereka adalah orang yang senantiasa ngoprek dan praktek. Mereka mempelajarinya kemudian mempraktekannya. Kalau kamu saat ini masih malas ngoprek sedangkan cita-cita kamu adalah menjadi programmer profesional, mungkin kamu harus introspeksi diri terlebih dahulu. Ingat kawan, programmer adalah pembelajar.