6 Tren Web Development Tahun 2021 yang Wajib Diketahui Pemilik Website

Beranda Berita 6 Tren Web Development Tahun 2021 yang Wajib Diketahui Pemilik Website

6 Tren Web Development Tahun 2021 yang Wajib Diketahui Pemilik Website

#1 Single-page website

#1 Single-page website

Menurut The Startup, website single–page akan menjadi salah satu tren utama web development di tahun 2021. Single-page website tidak membutuhkan page reloading saat digunakan. Dengan begitu, pengguna bisa meminimalkan waktu tunggu saat ingin melihat konten-konten yang ada. Selain user experience yang lebih baik, pengguna juga bisa menghemat bandwith sehingga situs tetap bisa lancar meski diakses dengan koneksi yang lambat. Framework yang paling populer digunakan untuk single-page website atau application adalah React.js, Angular.js, Vue.js, Meteor, dan Backbone.js. Beberapa contoh situs yang telah menggunakan single-page saat ini yaitu Google, Twitter, dan Trello.

#2 Artificial intelligence

#2 Artificial intelligence

Artificial intelligence sebagai tren web development akan sangat diminati di tahun 2021. Beberapa tahun belakangan ini, semakin banyak situs yang telah menggunakannya. Menurut Dev, pasar AI diperkirakan akan tumbuh hingga mencapai nilai 190,61 dolar AS di tahun 2025. Tentu kamu pun tidak mau ketinggalan, bukan? Artificial intelligence atau kecerdasan buatan bisa mempermudah personalisasi pengguna. Personalisasi merupakan hal penting untuk bisa menampilkan konten-konten yang paling sesuai dengan pengguna sehingga engagement bisa menjadi lebih tinggi. Di situs seperti e-commerce, pembelian bisa terjadi lebih sering jika menggunakan AI.

#3 Progressive web application

#3 Progressive web application

Progressive web application adalah tren yang perlu dipertimbangkan bisnis di tahun 2021 jika tidak ingin ketinggalan di bidang web development. Melansir Octal Software, progressive web application merupakan teknologi yang menawarkan banyak fitur seperti offline mode, responsive web, interactive web, dan lain-lain. Dengan progressive web application, situs dan aplikasi bisa semakin cepat, lebih responsif, dan tampil seperti aplikasi. Sekali lagi, Twitter for web adalah salah satu contoh yang baik. Untuk mengaplikasikan teknologi ini, kamu bisa menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript.

#4 Voice search

#4 Voice search

Segala perangkat kini memiliki kemampuan untuk mendengar kita. Oleh karena itu, voice search diperkirakan akan menjadi tren yang juga digunakan di web development pada tahun 2021. Voice search bisa digunakan untuk mempermudah kita dalam menggunakan suatu perangkat. Hanya dengan suara, perangkatmu bisa langsung menjalankan sebuah tugas yang diperintahkan.

#5 Chatbot

#5 Chatbot

Saat ini kamu pasti sudah pernah menemukannya di situs-situs web. Chatbot adalah solusi komunikasi otomatis yang akan menjadi semakin banyak digunakan. Dengan menggunakan chatbot, pengelola web atau pemilik bisnis bisa memangkas biaya yang dibutuhkan untuk mempekerjakan manusia.Karena artificial intelligence semakin pintar, chatbot pun semakin canggih. Chatbot akan makin mampu menyelesaikan masalah yang dialami pelanggan di sebuah situs sehingga customer service-nya semakin baik dan kepuasan pelanggan juga meningkat.

#6 WebAssembly

#6 WebAssembly

Karena website dituntut semakin cepat, WebAssembly diyakini akan menjadi tren web development di tahun 2021. Pasalnya, WebAssembly merupakan teknologi yang bisa meng-compile kode bahasa pemrograman apapun menjadi bytecode yang dijalankan di browser. Dengan begitu, kecepatan eksekusi kodenya akan semakin cepat.